Facebook
RSS

Bebas dari rasa takut...

-
Firman Tuhan

Ayat tema: " Campakkanlah seluruh kesusahanmu [semua kegelisahanmu, semua kekhawatiranmu dan semua keprihatinanmu, sekali dan untuk selamanya], sebab Ia peduli terhadapmu dengan kasih-sayang serta memperhatikan kamu dengan cermat" (1Ptr. 5:7, AMP).

Menarik mencermati terjemahan versi Amplified Bible (AMP) untuk ayat tema di atas. Sangat bernas (powerful). Ayat ini paralel dengan nasihat Yesus kepada murid-murid-Nya (Yoh. 14:1-3), dan kesaksian raja Daud (Mazmur 23).

Tujuan ideal dari pertumbuhan iman adalah berserah sepenuhnya kepada Tuhan sehingga seseorang bisa menjalani hidup dengan perasaan aman-sejahtera dan terbebas dari rasa gelisah dan cemas. Seorang Kristen yang benar-benar telah menyerahkan diri melalui iman kepada Tuhan memang selayaknya tidak lagi merasa khawatir.

Kegelisahan merongrong iman seseorang. Semakin anda mengalah kepada kegelisahan, semakin tergerus pula iman anda; sebaliknya, kian anda berserah kepada Tuhan kian bertumbuh pula iman anda. Jadi, gelisah yang berkepanjangan hanya membuat iman dan tubuh anda sama-sama menjadi bertambah tipis. "Kegelisahan, atau takut terhadap apa yang mungkin akan terjadi, adalah salah satu dari emosi yang paling berbahaya bagi kesehatan fisik [jasmani] dan mental [pikiran]". Mengapa berbahaya? Karena, secara jasmani perasaan gelisah akan mengganggu selera makan maupun kinerja pencernaan anda sehingga tubuh anda bisa kekurangan nutrisi. Secara pikirani, perasaan gelisah akan membuat konsentrasi anda buyar dan daya pikir menjadi tumpul.

Barangkali anda bertanya, apakah mungkin hidup di dunia yang penuh dengan ketidakpastian ini kita bisa terbebas dari perasaan gelisah? Jawabnya adalah "ya" dan "tidak" tergantung pilihan anda dan saya. Selama kita memilih untuk mengandalkan sumberdaya kita sendiri maka kita tidak akan pernah terlepas dari rasa gelisah; sebaliknya, apabila kita memilih untuk berharap kepada Allah niscaya kita bisa terbebas dari kegelisahan. Untuk pilihan yang kedua inilah mengapa kita perlu mendalami pelajaran ini.

"Pelajaran pekan ini adalah tentang bagaimana, melalui kuasa ilahi, kita dapat bebas dari rasa takut dan gelisah. Percaya kepada Allah dan kepuasan hati merupakan faktor-faktor penting dalam menghadapi masa depan dengan penuh keyakinan".

Leave a Reply